Sabtu, 22 Desember 2012

Canon In D dan Johann Pachelbel

Canon In D adalah seekor lagu klasik tahun 1680 yang diciptakan oleh Johann Pachelbel. Selama beberapa abad lagu ini menghilang, namun ditemukan lagi sekitar abad 20 dan menjadi lagi sangat terkenal. Tapi kini nama lagu klasik itu lebih di kenal dengan nama Canon Rock yang diaransemen oleh saya alias Jerry C 



Johann Pachelbel seorang komponis asal Jerman yang lahir pada tahun 1653. Johann Pachelbel adalah kerabat dari keluarga Bach yang tak lain dan tak bukan adalah keluarga dari komponis ternama Johann Sebastian Bach. Pachelbel kecil belajar musik pertama kali pada instruktur anjuran ayahnya , yakni Heinrich Schewmmer. Pachelbel tidak hanya jagoan di musik rupanya gan, tapi dia juga pintar di tempat kuliahnya.  Pachelbel menikah dua kali dan dikaruniai tiga putra.

Pachelbel menulis Canon In D pada tahun 1680 dan dia gak akan pernah membayangkan kalau karya nya itu akan bertahan ratusan tahun dan menjadi favorit banyak orang dan seniman serta musikus dunia.

Canon in D menjadi inspirasi, di aransemen ulang dan di bawakan dalam berbagai macam versi. Sungguh sebuah maha karya yang luar biasa dimana simponi ini tetap indah terdengar walaupun itu dibawakan dalam aransemen rock sekalipun dengan efek distorsi gitar. 


Bagi yang pengen melihat atau mendengar, download aja disini:
Ditampilkan oleh Lee Galloway. Catatan: Aransemen ini tidak sama persis seperti komposisi aslinya.
Ditampilkan di synthesizer oleh Jeffrey Hall.

Sumber: wikipedia
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar