Selasa, 20 Maret 2012

1 Megabit = ...... Kilobit ?

Hidup penuh perbedabatan, kesalahan, kebenaran, dan keraguan. Judul diatas, membuat peperangan kata atas keraguan dipikiran kami (anak sekolah). Bertanya-tanya "1 megabit brapa kilobit sih ?".

Ane akan menjelaskan kepa ente-ente ke semuanya.

Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. Teori informasi juga sering menggunakan digit natural, disebut nit atau nat. Sementara, komputasi kuantum menggunakan satuan qubit, sebuah potongan informasi dengan kemungkinan informasi tersebut bernilai benar.



Bit juga digunakan sebagai satuan ukuran, yaitu kapasitas informasi dari sebuah digit biner. Lambang yang digunakan adalah bit, dan kadang-kadang (secara tidak resmi) b (contohnya, modem dengan kecepatan 56 kbps atau 56 kilo bit per second/detik). Satuan ini dikenal juga sebagai shannon, dengan lambang Sh.

Jadi jawabannya ada ini 1 megabit = 106bits = 1000000bits = 1000 kilobits.

Bit itu punya temen, yang namanya Byte, nih penjelesannya

Byte adalah istilah yang biasa dipergunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit.

Huruf B digunakan dalam singkatan kepada byte. (bit menggunakan singkatan b.) seperti kB = kilobita. Cakram keras (hard disk) berkapasitas 40GB secara mudahnya bermaksud cakram keras tersebut mampu menyimpan hingga 40 ribu juta (miliar) bita atau gigabita data.

Sekian dari ane, semoga tidak ada lagi perdebatan mengenai Bit dan Byte, kasian mereka, tidak punya salah tapi selalu dipersalahkan T.T

sumber: wiki
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar